Khasiat Buah Cermai Untuk Biduran

Khasiat Buah Cermai Untuk Biduran

Khasiat Buah Cermai Untuk Biduran,- Cermai merupakan jenis tanaman berbuah yang memiliki nama latin Phyllanthus acidus. Tanaman cermai ini masih satu famili dengan tanaman meniran dan tanaman malaka. Tanaman cermai diketahui berasal dari Madagaskar, kemudian tanaman ini menyebar ke hampir seluruh dunia.

Khasiat Buah Cermai Untuk Biduran

Tinggi tanaman cermai bisa mencapai 10 meter, dengan percabangan yang banyak, renggang dan rendah, kulit kayu tanaman cermai bisa dibilang tebal. Tanaman cermai biasa dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi dan diolah menjadi makanan ataupun minuman, seperti dijadikan selai ataupun manisan.

Buah cermai terbilang kecil, memiliki dameter hingga 2,5 cm, dengan panjang sekitar 1,25 -1,5 cm. Buah cermai ini rasanya sangat masam, jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah cermai secara langsung. Sebelum dinkonsumsi, buah cermai haruslah diremas menggunakan air garam agar rasa asam dan septnya berkurang.

Selain untuk dijadikan manisan dan selai, ternyata buah cermai juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat.

Baca juga: Khasiat Keju Untuk Biduran

Kandungan Buah Cermai

Setelah dilakukan penelitian, ditemukanlah kandungan-kandungan buah cermai sebagai berikut:

KANDUNGAN GIZIJUMLAH GIZI
Energi28 kkal
Air91.7 g
Protein0.7 g
Karbohidrat6.4 g
Serat kasar0.6 g
Kalsium5 mg
Fosfor23 mg
Zat besi0.4 mg
Thiamin0.01 mg
Riboflavin0.05 mg
Vitamin C8 mg

Fakta Mengenai Buah Cermai

Khasiat buah cermai adalah sebagai antioksidan untuk tubuh. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ismail pada tahun 2007 dan Wulan Widianti pada tahun 2012. Kedua penelitian tersebut menghasilkan fakta yang sama, yaitu buah cermai mengandung senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan efektif, seperti flavonoid, saponin dan alkaloid.

Khasiat buah cermai adalah sebagai anti kanker. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Priya dan Poonguzhali di tahun 2015. Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa buah cermai memiliki sifat anti kanker. Aktivitas anti kanker ini dapat mengahambat pertumbuhan sel kanker, bahkan membunuh sel kanker dalam tubuh.

Khasiat buah cermai adalah sebagai anti jamur. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Prasetya di tahun 2010. Diketahui bahwa buah cermai mengandung senyawa polifenol. Dalam penelitian tersebut ditemukan, bahwa senyawa polifenol dapat menghambat pertumbuhan jamur di tubuh, seperti jamur Trichophyton rubrum dan Candida albicans.

Khasiat Buah Cermai Untuk Biduran

Biduran merupakan suatu reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bilur-bilur merah atau bintik-bintik merah. Pada mulanya, bilur-bilur ini muncul hanya pada satu bagian tubuh, namun bilur -bilur ini akan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ukuran dan bentuk dari bilur-bilur tersebut pun berbeda-beda, ada yang ukurannya kecil hanya beberapa milimeter, ada pula yang besar hingga ukurannya sebesar tangan. Biduran dapat menimbulkan ruam pada kulit. Ruam yang diakibatkan biduran biasanya akan terasa gatal dan terkadang juga bisa terasa perih.

Buah cermai mengandung flavonoid yang bermanfaat sebagai anti alergi yang baik untuk tubuh. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya alergi dan dapat meredakan reaksi biduran yang terjadi.

Baca juga: Obat Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Khasiat Buah Cermai Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah cermai dalam bidang kesehatan.

Olahan Buah Cermai

Sebagai AntiKanker

Buah cermai mangandung senyawa yang bersifat anti kanker. Salah satu senyawa yang bersifat anti kanker yang dimiliki buah cermai adalah senyawa flavonoid. Dalam bidang kesehatan, senyawa flavonoid ini memang merupakan senyawa yang multi guna. Senyawa ini mampu untuk mengobati berbagai permasalahan kesehatan.

Sebagai Antioksidan

Buah cermai mengandung berbagai khasiat, salah satunya sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Buh cermai mengandung flavonoid, vitamin C dan kandungan lainnya yang bermanfaat sebagai antoksidan.

Sebagai AntiJamur

Buah cermai mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat antijamur. Senyawa ini dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan membunuh jamur dalam tubuh. Hal ini akan mebentu untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh jamur, seperti jamur Trichophyton rubrum dan Candida albicans.

Mencegah Penyakit Jantung

Buah cermaui memiliki kandungan dengan kemampuan untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Karena memiliki antioksdian yang kuat, buah cermai dapat mencegah penumpukan plak pada arteri (aterosklerosis). Hal ini dapat melindungi jantung dan mencegah penyakit janutng.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah cermai mengandung senyawa polifenol yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, dapat juga membantu penyerapan insulin, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Perawatan Kulit

Buah cermai juga dapat digunakan unttuk perawatan kulit. dengan mengkonsumsi buah cermai secara rutin dapat membantu permasalahan jerawat. Atau bisa juga dengan mengoleskan air dari buahnya pada bagian kulit yang terkena jerawat. Berkat kandungan antioksidannya, buah cermai juga dapat mencegah kerutan pada kulit dan mencegah penuaan dini.

⇒≤Υ≥⇐

Sumber: https://obatbidurandiapotik.co.id/

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.