Khasiat Leunca Untuk Biduran

Khasiat Leunca Untuk Biduran

Khasiat Leunca Untuk Biduran,- Leunca merupakan tanaman berjenis sayuran. Tentunya kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama leunca. Kalau orang Jawa menyebut leunca ini dengan mana Ranti dan orang Maluku menyebutnya Bobosa.

Khasiat Leunca Untuk Biduran

Leunca merupakan tanaman sayuran yang memiliki nama latin Solanum Nigrum L. Tanaman ini termasuk ke dalam famili labu-labuan (solanaceae). Diketahui bahwa tanaman leunca berasal dari benua Eropa dan Asia Barat. Tanaman ini kemudian menyebar ke Malaysia dan banyak dikembangkan disana. Setelah itu, barulah tanaman leunca menyebar ke daerah-daerah lainnya.

Yang biasa dimanfaatkan untuk dikonsumsi adalah buahnya. Di Indonesia, buah dari tanaman leunca ini biasa dijadikan sayuran ataupun lalapan. Sejak 2000 tahun yang lalu, leunca ini sudah banyak digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan penyakit.

Baca juga: Khasiat Air Zam-Zam Untuk Biduran

Kandungan Yang Ada Pada Leunca

Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ditemukan dalam 100 gram buah leunca.

  • Buah Leunca yang bisa dikonsumsi sekitar 95 %
  • Kandungan Energi Leunca => 33 kkal
  • Kandungan Protein Leunca => 1,9 gr
  • Kandungan Lemak Leunca => 0,1 gr
  • Kandungan Karbohidrat Leunca => 7,4 gr
  • Kandungan Kalsium Leunca => 274 mg
  • Kandungan Fosfor Leunca => 34 mg
  • Kandungan Zat Besi Leunca => 4 mg
  • Kandungan Vitamin A Leunca => 478 IU
  • Kandungan Vitamin B1 Leunca => 0,1 mg
  • Kandungan Vitamin C Leunca => 17 mg

Fakta Mengenai Leunca

Penelitian

Khasiat leunca adalah untuk mencegah kanker. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Penelitian tersbeut dilakukan di Cancer Research Center, Guangdong Provinci, Cina. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa leunca mengandung senyawa seperti solasodine, solasonine, solanine dan solamargine. Senyawa-senyawa tersebut memiliki manfaat untuk menghambat perumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Khasiat leunca untuk kanker juga diperkuat dengan penelitian yang satu ini, yaitu penelitian yang dilakukan di Cina, tepatnya di RS Guangdong Yizhou. Dalam penelitian tersebut, diketahui ada 10 pasien yang menderita kanker leher rahim. Kemudian mereka diberi infus dari leunca dua kali sehari. Hasil dari penelitiannya, setelah diperiksa dari ke 10 pasien tersebut, ternyata 70% pasien yang sebelumnya terkena kanker rahim telah sembuh.

Khasiat leunca juga sebagai anti alergi. Hal ini telah dibuktiakan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di IBT, oleh Shirley dan kawan-kawan dari fakultas farmasi. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak dari buah leunca mampu menghambat berbagai alergen serta menghambat hipertensitivitas tubuh. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai alergi.

Khasiat leunca adalah menjaga kesehatan lambung. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah studi ilmiah. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa leunca mengandung senyawa anti ulsergonik. Senyawa yang memiliki sifat ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan lambung dan mencegah terjadinya berbagai permasalahan pada lambung.

Khasiat Leunca Untuk Biduran

Kaligata / Biduran

Leunca dapat mengatasi berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi seperti biduran. Khasiat dari leunca ini tentunya didapat dari kandungan yang ada didalamnya.

Biduran merupakan sebuah reaksi yang terjadi pada kulit di salah satu bagian tubuh yang ditandai dengan timbulnya bintik-bintik merah yang dapat membengkak dan menyebabkan rasa gatal serta perih. Biduran ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan dalam fakta mengenai leunca diatas, leunca memiliki kemampuan sebagai anti ulsergonik. Kemampuan ini akan sanagat bermanfaat untuk mencegah berbagai alergi dan juga mengatasi alergi yang sedang terjadi, termasuk alergi yang terjadi saat biduran.

Selain itu, ketika kulit mengalami gatal-gatal akibat alergi yang terjadi, leunca akan sangat bermanfaat untuk meredakan rasa gatal tersebut.

Khasiat Leunca Untuk Kesehatan

Makanan Dengan Tambahan Leunca

Mencegah Kanker

Leunca merupakan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mencegah kanker. Hal ini telah dijelaskan dalam fakta mengenai leunca diatas. Leunca mengandung senyawa-senyawa yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti solasodine, solasonine, solanine dan solamargine.

Selain itu, diperkuat juga melalui bukti penelitian yang menyebutkan bahwa 10 pasien yang menderita kanker leher rahim, 70% telah sembuh karena rutin menggunakan invus leunca.

Menjaga Kesehatan Lambung

Leunca berkhasiat untuk menjaga kesehatan lambung. Hal ini telah dijelaskan dalam fakta mengenai leunca diatas. Melalui sebuah penelitian, telah diketahui bahwa leunca mengandung senyawa yang bersifat anti ulsergonik. Senyawa dengan sifat ini mampu untuk menjaga kesehatan lambung dan juga mencegah berbagai peermasalahan pada lambung.

Mencegah Hipertensi

Leunca juga mengandung senyawa yang memiliki sifat anti hipertensi. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk orang yang menderita hipertensi atau orang yang tekanan darahnya mudah naik.

Baik Untuk Mata

Seperti halnnya wortel, leunca juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A dari leunca ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai permasalahan pada mata.

Mencegah Diabetes

Khasiat leunca ternyata mampu menurunkan kadar gula darah. Dalam leunca ditemukan senyawa yang bernama antosianin. Senyawa ini memiliki berbagai sifat seperti anti-kanker, antioksidan dan anti-diabetes. Maka dari itu, leunca sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

Sebagai Antibakteri

Leunca juga memiliki kandungan yang bersifat antibakteri. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri, dan juga mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri.

Sumber: https://obatbidurandiapotik.co.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.