Manfaat Kayu Putih Untuk Biduran

Manfaat Kayu Putih Untuk Biduran

Manfaat Kayu Putih Untuk Biduran,- Apakah Anda tahu kayu putih? Pastinya kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama kayu putih. Kita semua pasti sudah tahu mengenai minyak kayu putih. Minyak kayu putih ini sangat populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Manfaat Kayu Putih Untuk Biduran

Seperti namanya, minyak kayu putih yang biasa kita gunakan ini berasal dari tanaman kayu putih. Memiliki nama latin Melaleuca leucadendra. Tanaman ini banyak tumbuh di negara Australia, jadi banyak orang yang beranggapan bahwa tanaman ini berasal dari Australia. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia dan dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Daun dari tanaman kayu putihlah yang diolah menjadi minyak kayu putih.

Baca juga: Khasiat Buah Blueberry Untuk Biduran

Kandungan Daun Kayu Putih

Berikut adalah beberapa zat aktif yang ditemukan dalam tanaman kayu putih.

  • B-pinena = 1,21
  • Sineol = 60,03
  • Terpinolena = 0,47
  • 4,11,11,- tetrametil-8 metilen = 1,44
  • B linalool = 1,59
  • A terpineol = 14,96
  • Kariofilena = 1,26
  • A kariofilena = 0,52
  • Isokariofilena = 0,87
  • Dehidro-1,1,4,7,- tetrametil elemol = 5,32

Dari daun kayu putih ditemukan beberapa senyawa kimia seperti, melaleucin, sineol, minyak atsiri (cineole, terpineol, legnin, Alfa-terpineol, valeraldehida dan benzaldehida).

Ada pula beberapa sifat-sifat yang dimiliki daun kayu putih.

  • Dekongestan
  • Ekspektoran
  • Analgesik
  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Antivirus
  • Antineuralgic
  • Antiseptik
  • Karminatif
  • Antipiretik
  • Insektisida
  • Vulnerary (cicatrizant)
  • Tonic
  • Antispasmodic
  • Astringent
  • Anti-inflamasi
  • Antioksidan

Manfaat Kayu Putih Untuk Biduran

Biduran atau kaligata merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi pada kulit. Reaksi ini bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik berwarna merah yang nantinya bisa membengkak. Ukuran dari bengkaknya pun berbeda-beda, tergantung dari seberapa parah reaksi alergi yang dialami.

Pembengkakan tersebut awalnya hanya terjadi di salah satu bagian tubuh, namun nantinya bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dan menyebabkan rasa gatal. Biduran disebabkan oleh beberapa hal, seperti alergi makanan (misalnya alergi seafood), alergi obat-obatan, karena udara yang terlalu dingin ataupun terlalu panas, terkena gigitan serangga atau bisa disebabkan oleh stress.

Biduran bisa diatasi oleh penggunaan kayu putih. Daun kayu putih bisa dikonsumsi untuk meredakan reaksi alergi yang terjadi ketika biduran. Selain itu, hasil olahan dari daun kayu putih (minyak kayu putih) juga sangat bermanfaat untuk mengatasi biduran. Dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian yang terkena biduran akan meredakan reaksi alergi, sehingga alergi tidak menyebar.

Dengan mengoleskan minyak kayu putih juga dapat meringankan rasa gatal yang disebabkan oleh biduran. Dengan minyak kayu putih ini, pembengkakan-pembengkakan akibat biduran akan berangsur menghilang.

Fakta Manfaat Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Berikut ini adalah beberapa manfaat kayu putih untuk kesehatan manusia.

Meredakan Sakit Kepala

Manfaat kayu putih adalah untuk meringankan sakit kepala. Sakit merupakan permasalahan kesehatan yang sangat umum terjadi. Namun tentunya hal ini bisa sangat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Minyak kayu putih secara alami mampu merdakan sakit kepala. Oleskanlah pada bagian belangkang kepala dan di bagian samping, maka Anda akan merasakan efeknya.

Meredakan Permasalahan Pernapasan

Manfaat kayu putih adalah untuk meredakan permasalahan pernapasan. Ketika pilek, banyak orang yang menghirup aroma kayu putih agar hidungnya tidak mampet. Hal itu memang benar-benar bermanfaat. Minyak kayu putih memiliki aroma yang menenangkan dan memiliki kandungan bersifat antibakteri.

Selain membuat saluran pernapasan menjadi rileks, antibakterinya akan membunuh stiap bakteri yang dapat menginfeksi saluran pernapasan. Dengan mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada juga sangat bermanfaat untuk mengatasi gejala batuk dan memberikan efek menenangankan bagi para penderita asma.

Meredakan Stress

Manfaat kayu putih adalah untuk meredakan stress. Stress merupakan permasalahan yang bisa dialami oleh siapa saja. Walaupun hanya masalah yang melibatkan pikiran dan perasaan, tapi stress ini bisa berdampak pada permasalahan kesehatan dan membuat produktivitas kerja berkurang.

Aroma dari minyak kayu putih sangat menenangkan dan cocok digunakan untuk mengatasi stress. Aroma nya ini akan membuat tubuh menjadi santai dan membuat otak menjadi rileks. Hal tersebut bisa mengatasi permasalahan stress.

Meredakan Sakit Gigi

Manfaat kayu putih adalah untuk meredaka sakit gigi. Sakit gigi merupakan sebuah permasalahan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri terhadap gigi. Gigi yang berlubang akan memudahkan bakteri masuk dan menyebabkan infeksi.

Sakit gigi bisa diredakan oleh manfaat kayu putih. Anda bisa membasahai kapas dengan minyak kayu putih dan menempelkannya pada gigi yang sakit. Atau juga bisa mencampurkan minyak kayu putih dengan kunyit, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Meredakan Demam

Manfaat kayu adalah untuk meredakan demam. Demam merupakan sebuah kondisi dimana suhu tubuh terlalu tinggi. Demam bukanlah penyakit, namun merupakan reaksi akibat sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi.

Panas demam dapat diredakan oleh manfaat kayu putih. Cukup campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air dingi, lalu gunakanlah sebagai air untuk mengkompres dahi agar demam dapat mereda.

Mencegah Infeksi Ketika Luka

Manfaat kayu putih adalah untuk mencegah infeksi ketika luka. Luka yang terinfeksi oleh virus atau bakteri dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan yang berbahaya. Maka dari itu, infeksi harus dicegah.

Mencegah infeksi bisa dilakukan dengan mencuci luka menggunakan air bersih yang sudah dicampur minyak kayu putih. Kandungan antiseptik dan antimikroba minyak kayu putih akan mencegah terjadinya infeksi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kayu putih adalah untuk mengontrol kadar gula darah. Mungkin belum ada penelitian ataupun pendapat para ahli mengenai minyak kayu putih yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

Namun minyak kayu putih diketahui memiliki sifat vasodilator, yang dapat meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah. Para penderita diabetes diketahui memiliki sirkulasi darah yang buruk, maka dari itu terlalu banyak gula yang diserap oleh tubuh.

Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Manfaat kayu putih adalah untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Bekas jerawat tentunya sangat mengganggu penampilan dan akan mengurangi rasa percaya diri. Minyak kayu putih diktahui memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi noda jerawat dan menyamarkannya.

Baca juga: Obat Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Sumber: https://obatbidurandiapotik.co.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.